Simak Desain Interior Keren Dari 5 Masjid Indah Bergaya Kontemporer di Eropa

Budaya Islam telah memberikan beberapa karya arsitektur yang paling indah untuk dunia. Rincian-rincian ornamen adalah tanda tangab dan fitur unik dari arsitektur Islam. Walaupun bangunan masjid sering dikaitkan dengan gaya konservatif yang menggunakan simbol tradisional, namun nyatanya para arsitek mampu meramu harmonisasi antara desain modern dan budaya masyarakat yang telah terbentuk.

Berikut lima bangunan masjid berdesain kontemporer yang indah berdasar sumber majalah Property-In :

Islamic Culture Centre and Museum of Tolerance, Albania Di desain oleh Bjarke Ingels Group

Proyek ini dikembangkan oleh tim Big Architect yang bekerjasama dengan Martha Scwhartz Landscape untuk membuat kompleks budaya seluas 27.000 m2 di Tirani, Albania. Terdiri dari masjid, Islamic Centre dan sebuah museum kerukunan beragama.

Terletak di jantung ibu kota, desain masjid ini memperhitungkan peran besar Albania sebagai persimpangan tiga agama besa : Kristen Ortodoks, Katolik, dan Islam. Masjid ini diharapkan dapat melayani bukan hanya masyarakat muslim lokal, tapi juga ditujukan untuk mendidik masyarakat secara keseluruhan tentang Islam.

Dalam rancangannya, tata letak halaman dan ruang publik dapat menampung hingga 10.000 orang. Fasad bangunan memiliki banyak jendela persegi panjang sehingga berfungsi member shading dan privasi serta mempertahankan tingkat transparansi cahaya. Kualitas cahaya yang masuk ke dalam masjid pun akan berubah sepanjang hari karena permukaan atap yang melengkung.

Masjid Besar Copenhagen, Denmark karya Henning Larsen Architects

Masjid yang dirancang oleh Henning Larsen Architects ini telah membuktikan bahwa merancang sebuah masjid modern dapat dilakukan tanpa mengesampingkan tradisi-tradisi kuno. Mereka pun membuat sebuah masjid kontemporer di Kopenhagen dengan desain mengampilkan campuran Nordic dan gaya Islam.

Masjid ini memiliki ruang tengah besar di bawah langit-langit yang bergelombang. Dinding dan langit-langit masjid bakal dilengkapi jendela dan skylight yang membuat cahaya di interiornya mirip The Louvre Abu Dhabi Museum.

Halide Edip Adivar Mosque, Turki didesain oleh Manco Architects

Masjid yang terletak di Istanbul, Turki ini berbeda dari kebanyakan masjid yang biasa kita lihat, Bangunan yang didesain oleh Manci Architects terebut tidak memiliki kubah yang sama dengan kebanyakan masjid, Selain jendelanya berbentuk geomoetris, yang paling menarik adalah keberadaan parkir bawah tanah yang jenius.

Tempat parkir ini dibangun untuk mengurangi masalah kemacetan ketika Shalat Ju’at. Jamaah dapat memarkir mobil tanpa menyebabkan kemacetan di sekitar masjid.

Masjid Camlica Id, Instanbul didesain oleh Tuncer Cakmakli Architects

Bangunan ini terletak di atas bukit Camlica yang berketinggian 934 mdpl. Masjid ini memiliki lorong khusus untuk perempuan. Ada juga ruang khusus untuk penitipan akan-anak.

Dibangun di atas lahan seluas 3 hektar di distrik Uskudur, Instanbul, Masjid Camlica juga menyediakan area khusus bagi penyandang cacat, podium pengunjung yang ingin mengamati orang-orang yang sedang berdo’a, galeri seni, museum Islam serta perpustakaan.

Masjid ini menyediakan juga area parkir mobil untuk 3.500 kendaraan.

Wall Dome di Prishtina, Kosovo, desain oleh Paolo Venturella

Masjid Wall Dome dirancang sebagai masjid modern, ramah lingkungan, serta nyaman bagi penghuninya. Paolo Venturella menggabungkan dua elemen utama masjid, yaitu kiblat dan kubah dalam sebuah desain modern.

Hampir semua bagian Wall Dome adalah perlambang. Guratan-guratan dan lengkungan yang ada di sekujur permukaan bangunan akan mengarah ke kiblat, menunjuk ke Mekah. Karena itu, guratan-guratan tersebut tidak hanya memiliki fungsi estetis, tetapi juga berfungsi sebagai penanda arah kiblat.

Sementara bentuk melengkung kubah pada masjid ini menciptakan sebuah ruang komunitas. Ruangan tersebut dapat digunakan untuk berkumpul dan melakukan salat bersama. Ruang salatnya dibagi menjadi dua ruang terpisah. Area lebih kecil digunakan untuk salat setiap Senin hingga Kamis. Ruang lebih besar secara khusus digunakan untuk shalat Jumat atau peringatan-peringatan besar Islam.

Fasad masjid ini dilapisi dengan fotovoltaik yang mampu memanen energi bagi masjid dan pelayanan lainnya.

Nah itulah desain interior keren dari 5 masjid bergaya kontemporer yang ada di Eropa.

Semoga bermanfaat dan memberikan inspirasi.

Sebagai informasi, bagi Anda yang sedang mencari jasa desain interior untuk mempercantik rumah atau bangunan, dapat mengunjungi web Renovasik, klik disini.

RumahDanInterior.com
Media lintas informasi jasa renovasi rumah terpercaya

sumber artikel : 
majalah Property-In,edisi 08/II/Agustus 2016
https://m.dream.co.id/jejak/8-masjid-cantik-nan-futuristik-salah-satunya-di-indonesia-150713n/8-wall-dome-prishtina-kosovo-eiw.html

sumber-sumber foto :
dezeen.com
architizer.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *